Terlalu banyak

Suatu ketika aku melihat ada seorang anak kecil bersama bapaknya yang sedang mencari sampah yang bisa diolah dipinggiran jalan. Bermodalkan tongkat besi yang dibengkokkan sedikit di ujungnya si bapak mengorek-ngorek tempat sampah dan mengambil apapun yang berguna yang berserak dijalan. Lalu si anak kecil yang memakai topi yang berjalan dengan riang kesana kemari bersama sang bapak, membantu mencari barang-barang yang bisa didaur ulang. Seketika, dari kejauhan, si anak kecil itu datang menghampiriku yang sedang duduk di tempat duduk bengkel dan menanyakan “bang, apa ini udah nggak kepake? (sambil memegang beberapa botol air dan gelas plastik yang sudah kosong) disampingku. Tanpa basa basi (padahal bukan milik ku) aku katakan padanya “iya, udah nggak kepake, ambil aja ya dek”. Langsung si anak kecil itu mengambil beberapa botol dan gelas plastik itu dan berlari menuju si ayah yang memegang satu karung penuh dibadannya sambil bilang “ayah, ini aku dapet”. Tanpa berpikir panjang, ku langsung saja foto momen itu agar menjadi kenangan dalam hidupku yang takkan terlupakan agar menjadi pelajaran, bagi hidup…

ternyata,…

terlalu banyak..

manusia yang masih jujur dan tidak ingin mengemis dan menjaga kehormatannya untuk hidup. Terlalu banyak orang baik seperti anak dan bapak ini.

Disisi lain, juga masih terlalu banyak…

Orang kaya harta yang miskin hati. Terlalu banyak korupsi di tataran elit pejabat yang tak pernah memikirkan sedikitpun rakyat kecil. Terlalu banyak, hal tidak penting yang menjadi sorotan. Terlalu banyak ketidakadilan. Terlalu banyak ketidakbersyukuran. Terlalu banyak kesombongan menghiasi udara dalam atmosfer bumi Indonesia. Terlalu banyak, iblis berkedok manusia.

some day, semoga kau menjadi anak yang berbakti dan berhasil, ya nak.

Salam dari seorang warga negara yang belum bisa berbuat apa-apa.

01.04.19

Advertisements

Author: Tirta A

an Enthusiast learner | Setiap detik hidup adalah pemaknaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s